27 Juli 2009

Struktur Dan Fungsi Sel

Materi Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI IPA "Struktur & Fungsi Sel"

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi ini Anda diharapkan mampu:

1. Membandingkan hasil penampakan sel dan bagian-bagiannya berdasarkan pengamatan dibawah mikroskop cahaya dengan gambar /foto pada literature.

2. Mendiskripsikan dan menginterpretasi gambar atau foto sel hewan dan tumbuhan tertentu seperti yang terlihat pada mikroskop elektron, mengenali membran plasma dan organel sel.


Sel sangat mendasar bagi ilmu biologi sebagaimana atom pada ilmu kimia. Semua organisme terdiri dari sel karena sel adalah dasar dari pembentukan makhluk hidup. Begitu pentingnya sel bagi organisme, sehingga penelitian sel semakin banyak dan terus dikembangkan.

Pada tahun 1665 Robert Hooke mengamati sayatan gabus tutup botol yang berasal dari tumbuhan Quercus suber menggunakan mikroskop. Ia menemukan adanya ruang-ruang yang dibatasi dinding tebal dalam pengamatannya. Robert Hooke menyebut ruang-ruang kosong tersebut dengan istilah cellulae artinya sel. Sel yang ditemukan Robert Hooke merupakan sel-sel gabus yang telah mati. Sejak penemuan itu, beberapa ilmuwan berlomba untuk lebih tahu banyak tentang sel. Apa sebenarnya sel itu? Bagaimana struktur sel?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang konsep sel dan struktur sel , Anda bisa mendownload materi sel dalam bentuk file presentasi Powerpoint dan juga untuk menguji kemampuan Anda tersedia latihan soal online. Selamat Belajar!

Download materi:

Konsep sel
Struktur Sel

Latihan soal on line ( 15 soal )

Latihan soal on line 2 ( 30 soal ) <<<<>

sebelum membuka file latihan install dulu testreader

testreader


Label:

1 Komentar:

Pada Rabu, 02 September, 2009 , Anonymous Anonim mengatakan...

Ass. Wr. Wb
Pak Kapan soalnya di upload lagi... saya kepingin nguji diri
Siswa Bapak Kelas XI SMA MUHA Genteng

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda