08 Mei 2010

Filum Porifera dan Coelenterata

Kingdom animalia meliputi Porifera, Cnidaria, Ctenophora, Platyhelminthes, Nematoda, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca,  Echinodermata, dan Chordata.
Porifera artinya hewan yang berlubang-lubang kecil atau hewan berpori. Hewan berpori juga disebut hewan spons (sponge). Lubang-lubang tersebut digunakan untuk jalan masuknya air yang mengandung plankton ke dalam tubuh.
Hampir semua hewan Porifera hidup dilaut, dan hanya satu famili yang hidup di air tawar, yakni famili Spongillidae. Pada umumnya Porifera hidup di lautan yang airnya tenang, tidak memiliki arus yang kuat, dan airnya jernih.
Cnidaria bersama Ctenophora digolongkan ke dalam kelompok notakson yang disebut Coelenterata. Coelenterata berasal dari kata koilos yang berarti rongga tubuh atau selom dan enteron yang berarti usus, yang membentuk solenteron yang artinya rongga yang berfungsi sebagai usus.Hewan ini tidak memiliki usus yang sebenarnya, ususnya hanya berupa rongga tubuh.
Cnidaria hidup diair tawar atau air laut, termasuk didalamnya hewan karang, Hydra dan ubur-ubur.
Untk mempelajari lebih lanjut Filum Porifera dan Cnidaria, Anda bisa mendownload materi ajar dan latihan soal-soal dibawah ini:
- Materi ajar  Porifera (file .ppt)
- Materi ajar Cnidaria (file .pdf)
- Latihan soal-soal

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda